Senin, 05 November 2012

Android 4.2 Lebih Aman Ketimbang Versi Sebelumnya

45bec0a78d5aba0207213e70e8918188
Sadar akan hadirnya ‘tamu tak diundang’ berupa malware yang berpotensi ‘mendompleng’ sistem operasinya, Google akhirnya menjejali fitur keamanan yang siap melindungi pengguna Android 4.2.
Fitur keamanan baru yang kini disematkan pada Android 4.2, pada prinsipnya merupakan perluasan dan fitur keamanan yang ditemukan pada toko aplikasi Google Play. Jadi, fitur keamanan pada Android 4.2 akan memindai berbagai kode yang berbahaya atau berpotensi membahayakan dalam aplikasi yang telah diinstal ke perangkat pengguna.

Seiring dengan kian populernya Android, tak heran jika sistem operasi ini bakal menjadi target para penjahat cyber yang siap menyusup ke perangkat pengguna dengan berbagai modus. Selain, menyusup ke dalam toko aplikasi Google Play Store, berbagai program jahat pun bisa menyamar sebagai aplikasi pihak ketiga lainnya yang sangat rentan disusupi malware.
Dengan dibenamkannya fitur keamanan terbaru di Android 4.2, nantinya seluruh aplikasi di dalam ponsel, baik yang didownload melalui Play Store atau yang diinstal melalui pihak ketiga akan diperiksa apakah terdapat muatan berbahaya atau tidak.
“Kami memandang bahwa keamana adalah kebutuhan yang universal,” kata Hiroshi Lockheimer, Android VP of Engineering, seperti dikutip PULSAonline via Computer World.
“Kami memiliki 700 ribu aplikasi di Play Store, lebih dari itu, kami selalu memindai material di Web terkait dengan berbagai APK yang muncul. Kami memiliki pemahaman yang sangat baik dari ekosistem aplikasi sekarang, baik sesuatu yang ada di Play Store ataupun tidak,” lanjutnya.
A2848204e5b95a485d62a31a84452a7b
Cara kerja fitur keamanan terbaru itu terbilang cukup sederhana, aplikasi akan menanyakan apakah Anda ingin memeriksa aplikasi yang baru saja diinstal dari pihak ketika, seperti dari Amazon App Store, misalnya. Setelah disetujui maka aplikasi tersebut akan diperiksa di belakang layar oleh sistem Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar